::: Simak berbagai info PKPT IPNU IPPNU UIN Maliki melalui media sosial Facebook (fb.me/gemnucampus), Instagram (@ipnuippnu_uin) :::: kritik, saran, pengiriman artikel bisa di kirimkan di email redaksi PKPT IPNU IPPNU UIN Maliki. ipnuippnu@gmail.com, atau bisa menghubungi Rekan Moch Nasruddin melalui WhatsApp +6285708700731"
Selamat Datang di Portal Resmi PKPT IPNU IPPNU UIN Malang
Pengurus PKPT IPNU IPPNU UIN Malang Masa Khidmah 2016-2017
Karena IPNU-IPPNU, maka aku ada
Belajar Berjuang Bertaqwa
Pimpinan Pusat IPNU Luncurkan Logo Harlah Ke-63

-Semangat: Kunci Lulus Ujian Kehidupan-

Oleh: Sidiq Nugroho

Kehidupan selalu penuh misteri. Berbagai hal yang tak disangka-sangka pun sering menghampiri. Manusia dalam kehidupannya kadang dihadapkan pada perjalanan mulus dan kadang dihadapkan perjalanan yang berkelok-kelok penuh tantangan. Rupanya kelok-kelok perjalanan yang penuh dengan tantangan membuat manusia semakin merasa hidup. Ya hidup semakin nikmat dengan tantangan. Tantangan kehidupan ada kalanya berupa ujian.

Ujian kehidupan sebenarnya merupakan cara Allah untuk menaikkan derajat hamba-Nya. Seperti halnya saat kita main game, jika kita lulus dalam satu level, maka kita akan naik ke level selanjutnya yang lebih tinggi. Dalam permainan game kita mengenal menang dan kalah, namun seorang "gamer" sejati kalau ia belum berhasil menaklukkan satu level, ia akan merasa penasaran untuk terus mencobanya sampai berhasil. Ya memang seperti itulah game, selalu membuat pecintanya untuk semangat dalam memainkanya. Lalu bagaimana jika semangat layaknya ketika kita main game diaplikasikan/diwujudkan dalam kehidupan? Tentunya akan asyik dan seru juga.

Serunya lika-liku kehidupan kiranya akan lebih "waw" jika kita bisa menikmatinya. Jika permainan buatan manusia yang sering kita sebut game saja seru untuk dinikmati, apalagi permainan yang langsung diciptakan oleh Allah, pasti lebih seru. Bukankah dunia ini permainan? Sebagaimana firman Allah: Sesungguhnya kehidupan dunia hanyalah permainan dan senda gurau. Dan jika kamu beriman dan bertakwa, Allah akan memberikan pahala kepadamu dan Dia tidak akan meminta harta-hartamu. (Q.S Muhammad: 36). Nah, ayat tersebut dengan jelas menuturkan bahwa dunia adalah permainan. Karena dunia adalah permainan, maka kita harus bisa menikmatinya dengan cara yang benar. Cara yang benar untuk menikmati dunia ialah melakukan segala hal sesuai aturan yang digariskan oleh Allah, dengan cara taat segala perintah serta menjahui larangan-Nya. Mengisi hidup dengan hal-hal yang penuh makna dan tetap semangat saat ujian datang menghampiri.

Ingatlah, bahwa senantiasa ada jalan bagi orang-orang yang mau berusaha. Bukankah Allah berfirman: Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (Q.S Ash-Sharh: 6-8).

Mari tetap semangat dalam menjalani hidup di dunia ini, tetap semangat melaksanakan segala petunjuk Allah. Karena semangat adalah kunci untuk lulus ujian.

-wallahu a'lam-

Malang, 01-05-2016
Salam, sidiq

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " -Semangat: Kunci Lulus Ujian Kehidupan- "

Posting Komentar