::: Simak berbagai info PKPT IPNU IPPNU UIN Maliki melalui media sosial Facebook (fb.me/gemnucampus), Instagram (@ipnuippnu_uin) :::: kritik, saran, pengiriman artikel bisa di kirimkan di email redaksi PKPT IPNU IPPNU UIN Maliki. ipnuippnu@gmail.com, atau bisa menghubungi Rekan Moch Nasruddin melalui WhatsApp +6285708700731"
Selamat Datang di Portal Resmi PKPT IPNU IPPNU UIN Malang
Pengurus PKPT IPNU IPPNU UIN Malang Masa Khidmah 2016-2017
Karena IPNU-IPPNU, maka aku ada
Belajar Berjuang Bertaqwa
Pimpinan Pusat IPNU Luncurkan Logo Harlah Ke-63

kenapa harus "NU di Hati , NKRI Harga Mati"

Surabaya, NU Online
Bagi KH Marzuki Mustamar, setia kepada Nahdlatul Ulama (NU) bukannya tanpa alasan. Yang dipertaruhkan tidak hanya nama besar para kiai pendiri jam'iyah ini, juga keberadaan Negara Kesatuan Republik Indonesia atau NKRI.

"Pendiri NU adalah para kiai dan ulama," kata Kia Marzuki, sapaan akrabnya Ahad (13/3). Merekalah yang berjuang dalam melawan penjajah, mempertahankan dan mengisi kemerdekaan khususnya terkait dasar negara dengan landasan Islam, lanjutnya, saat menjadi narasumber terakhir kegiatan Dauroh Aswaja Internasional Lil Gawagis se-Jawa Timur di Jalan Masjid Al-Akbar Timur 9 Surabaya.

Bahkan sebelumnya yakni saat pra-kemerdekaan, para pejuang dan pahlawan serta syuhada' tidak tehitung jumlahnya dalam berperang dengan penjajah. "Ada Sultan Agung, Pangeran Diponegoro, dan sebagainya yang mereka telah mengorbankan harta hingga nyawa untuk kemerdekaan ini," kata dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang ini. Sehingga keberadaan NKRI ini dibangun di atas tulang belulang para syuhada dan ulama, lanjutnya.

Karenanya sangat beralasan kalau kemudian NU sebagai organisasi sosial keagamaan menerima Pancasila mengawali organisasi serupa di tanah air. "Karena dari Pancasila telah tercakup seluruh pesan keagamaan yang memang diperjuangkan oleh NU," terangnya.

Tentu saja NU dan kiai akan menolak ajakan sejumlah partai politik dan ormas yang akan memperjuangkan negara Islam versi mereka. "Bagaimana kita bisa percaya dengan golongan yang mewacanakan untuk mendirikan negara Islam" katanya. Bukankah secara konsepsional, antara mereka belum satu kata dalam memaknai negara Islam? Ada yang mendambakan khilafah islamiyah jumhiriyah, mamlakah, imamiyah  dan sebagainya. 

"Ini belum termasuk membicarakan para pendiri organisasi dan partai politik tersebut," sergahnya. Kiai Marzuki kemudian mengajak para gus dan ning untuk membandingkan ketokohan dan kelayakan Hadratussyekh KH M Hasyim Asy'ari sebagai pendiri NU dan ulama lainnya dengan para pendiri partai dan organisasi keagamaan baru tersebut. "Kalau dibandingkan ya bainas sama' wa sumur minyak," katanya sembari tertawa.

Di hadapan ratusan peserta yang hadir, Kiai Marzuki memastikan bahwa di bawah NKRI, segala amaliyah dilindungi dengan baik. "Di Indonesia tahlilan jalan, juga istigatsah, dibaan, barzanji, ziarah kubur dan sejenisnya dilindungi," terangnya. Bagaimana kondisi yang sudah aman dan tentram serta teruji ini akan diganti dengan model kepemimpinan seperti khilafah dan sejenisnya. Siapa yang bisa menjamin bahwa amaliyah warga NU akan terpelihara saat sistem pemerintahan di negeri ini diganti.

"Saat saya hendak makan singkong, tiba-tiba ada teman yang mencegah dan menyuruh membuang singkong yang sudah siap disantap," kata Kiai Marzuki memberi tamsil. Sang teman kemudian menjanjikan akan menyediakan roti dan makanan lezat yang lain. Akan tetapi makanan lezat yang disampaikan hanya janji bahkan tidak pernah ada. "Kalau saya menerima tawaran itu kan berarti bodoh?" sergahnya.

Itulah perumpamaan kalau kemudian Indonesia akan diubah dengan sistem lain. "Bagaimana mungkin warga NU dan mayoritas umat Islam akan menerima sistem baru yang belum teruji dengan membuang sistem pemerintahan yang telah menjamin banyak hal?" katanya dengan nada bertanya.

Mantan Rais PCNU Kota Malang ini memang tidak menampik kalau sistem Pancasila ada kekurangan. "Tapi kita telah diajarkan oleh salafus shalih bahwa apa yang tidak dapat diraih seluruhnya, maka jangan ditinggalkan semuanya," katanya. Jangan karena sistem belum sempurna maka akan diganti dengan sistem baru, apalagi memang belum teruji, lanjutnya.

"Dengan sejumlah alasan tersebut, tidak ada pilihan bagi warga NU kecuali semakin mantap dalam berjam'iyah serta kukuh menjaga negeri ini bahkan dikatakan bahwa NKRI harga mati,"  pungkasnya. (Ibnu Nawawi/Abdullah Alawi)



Repost : nu.or.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " kenapa harus "NU di Hati , NKRI Harga Mati" "

Posting Komentar